cover
Contact Name
Heronimus Maryono
Contact Email
heronimus.maryono@pmbs.ac.id
Phone
+6221-7511126
Journal Mail Official
penerbitan@pmbs.ac.id
Editorial Address
Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya Kampus BSD City, Edutown Kavling Edu 1 No 1 Jl BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang - 15339. Banten - Indonesia
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
ISSN : -     EISSN : 27212084     DOI : https://doi.org/10.21632/jpmi
JPMI memiliki ruang lingkup nasional, mencakup berbagai topik seputar pemberdayaan kewirausahaan masyarakat yang dilakukan dalam kegiatan pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran-pemikiran dan gagasan-gagasan konseptual serta hasil-hasil penelitian yang telah dicapai dalam bidang pengabdian kepada dan pengembangan masyarakat. JPMI berisi berbagai gagasan, penemuan, dan hasil penelitian dari berbagai kegiatan yang dilakukan baik oleh para mahasiswa maupun dosen Universitas Prasetiya Mulya dan institusi lain dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, kesulitan, tantangan dan beragam permasalahan terkait pengembangan wirausaha masyarakat yang diselenggarakan PPKM Universitas Prasetiya Mulya maupun institusi pendidikan atau lembaga lain. Kegiatan pengembangan masyarakat (Community Development) yang diselenggarakan PPKM Prasetiya Mulya dan institusi lain, dalam konteks lingkup jurnal ini, melibatkan masyarakat sebagai mitra dan bertujuan untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)" : 5 Documents clear
Pendampingan UMKM Stick Yummy di Sukatani terhadap Efisiensi Produksi dan Penjualan Brigitta Soh; Darren Rusli; Joshua Evano Wihardjo; Michael Josia; Stefany Elsha Riani; William Randy Suryajaya; Eko Ariawan
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1115.024 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.1.94-116

Abstract

Setiap tahun Universitas Prasetiya Mulya selalu menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (KPM), dengan tujuan pengembangan UMKM yang dimiliki oleh mitra agar menjadi mandiri. Ada banyak kesempatan dan ruang untuk perubahan ke arah yang lebih baik bagi mitra dari seluruh aspek proses bisnis. Manfaat dari program yang dilakukan tidak hanya tertuju pada bisnis mitra melainkan peningkatan pemahaman serta pengetahuan mitra akan strategi bisnis yang tepat. Dari hasil analisis situasi yang sempat dilakukan, kelompok melihat diperlukannya perubahan dari aspek operasional, aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek penelitian dan pengembangan. Selama 30 hari, kelompok telah tinggal bersama mitra dan membantu usaha Stick Yummy untuk meningkatkan efisiensi produksi serta peningkatan penjualan yang terukur secara jelas. Penulisan dari artikel ini menggambarkan akan permasalahan yang dihadapi oleh usaha mitra, Stick Yummy, dan langkah-langkah yang dibentuk oleh kelompok demi menanggulangi permasalahan tersebut.
Pendampingan Usaha Kecil dan Menengah Sambal Puruluk Ma’ Erot Dalam Peningkatan Aspek Finansial Julyanti Julyanti; Ken Kevin; Michaela Deuina E. Uren; Reyhan M. Avivi; Ryan R. Theno; Valencia Suteja; Ida Juda W.
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.887 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.1.1-16

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kondisi bisnis Sambal Puruluk Ma’ Erot dan bisnis lainnya yang dimiliki mitra dari segi keuangan. Pada awal kegiatan, keuangan merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi oleh mitra jami karena sulitnya mengatur keuangan antar 1 bisnis dengan bisnis lainnya. Dari masalah ini, kelompok menyusun metode strategi peningkatan kondisi keuangan mitra berdasarkan melihat kekurangan dan kelebihan bisnis, memposisikan bisnis dalam matrik BCG, dan juga melihat kondisi keuangan setiap bulannya dari setiap bisnis yang dimiliki oleh mitra kami. Dari hasil yang ada, kelompok data merumuskan strategi perencanaan keuangan yang bisa digunakan oleh mitra sesuai dengan kondisi keuangannya. Harapannya, strategi yang diberikan dapat benar-benar membantu bisnis mitra untuk menjadi semakin baik dan berkembang di kemudian hari.
Mengembangkan dan Mempertahankan Bisnis UMKM Di Tengah Wabah Korona Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital Nurhayati Nurhayati
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1552.759 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.1.17-38

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan di Desa Pajambon, Kuningan ini bertujuan untuk membantu Ibu Eha selaku mitra dalam mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya, ditambah dengan keadaan yang sedang sulit akibat wabah covid-19 yang membatasi kegiatan di luar rumah termasuk kegiatan jual beli di pasar. Setelah melakukan identifikasi masalah ditemukan beberapa kekurangan dan kelebihan mitra baik secara internal maupun eksternal. Sehingga solusi yang diambil kelompok adalah membuat logo merek untuk mitra, kartu nama, brosur, akun media sosial Instagram dan Facebook, dan akun e-commerce di Shopee. . Hasil yang didapatkan berupa adanya pemesanan secara online melalui media sosial setelah pemasangan merek pada produk dan penyebaran kartu nama disertai juga dengan brosur yang dilengkapi dengan kontak info mitra, meningkatnya pengikut media sosial mitra akibat adanya aktivitas promosi yang menunjukan peningkatan brand awareness dan efektifitas penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, produk mitra juga sudah terjual hingga keluar Pajambon dengan bantuan Shopee dan Instagram. Dengan bantuan dan bimbingan kelompok Ibu Eha tetap dapat melanjutkan bisnisnya di tengah pandemi dengan memanfaatkan bisnis online melalui media sosial dan juga e-commerce sebagai media bisnis digital.
Pengaruh Pemberlakuan Standard Operating Procedure terhadap Keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah “Windu Sari Putri” Esther Carissa Gunawan; Lucky Permana; Ni Putu Ratna Sukma Dewi; Rivel Andreas Arthaprasasta; Satiananda Adisantika; Glisera Agri Ariyan
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1326.29 KB) | DOI: 10.21632/jpmi.2.1.39-57

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi penulis terhadap usaha mikro “Windu Sari Putri” yang memproduksi cistik dan jinten, dan kondisi dimana volume produksinya yang besar namun kurang terorganisir dengan baik di berbagai aspek terutama produksi. Artikel penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perubahan yang terjadi setelah pemberlakuan standard operating procedure (SOP) sebagai sarana pengatur proses produksi, selain SOP beberapa program kerja untuk menata ulang tata letak, prosedur kebersihan, dan mengganti peralatan juga dilaksanakan untuk memaksimalkan pengaplikasian SOP. SOP yang dirumuskan akan mengatur proses produksi dari penyiapan produksi, pembuatan adonan, penggilingan dan pengirisan adonan, pembakaran kayu, penggorengan adonan, dan pengemasan. Penelitian ini hanya akan fokus kepada pemberlakuan SOP dalam mengatur proses produksi internal dalam usaha dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan usaha. Capaian dari penelitian ini adalah penurunan durasi produksi dan peningkatan produktivitas dalam proses produksi serta kesadaran yang meningkat terhadap kebersihan produksi.
Analisa Pengembangan Bisnis Sektor Pariwisata di Desa Ciputri Avifa Putri Yuditama; Calvin Go; Fathur Rachman; Karen Saliman; Muhammad Ziyan Agrily; reinardus suryandaru
Journal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (JPMI)
Publisher : Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPKM) Universitas Prasetiya Mulya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21632/jpmi.2.1.58-93

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia adalah salah satu pendorong ekonomi utama di Indonesia. Sektor bisnis khusus ini telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama dekade terakhir. Industri pariwisata telah berkembang dan menjadi pendorong utama ekonomi dan fitur utama dari strategi pertumbuhan ekonomi pemerintah. Meskipun terdapat perkembangan pesat terkait sektor pariwisata, namun tidak seluruh potensi wisata di Indonesia telah berkembang dan dikenal masyarakat. Mengingat fakta tersebut, tim memutuskan untuk menganalisis dan mengembangkan salah satu potensi wisata di Daerah Cianjur, tepatnya Saung Sarongge yang berlokasi di lereng Gunung Gede dan menawarkan berbagai jasa wisata dari empat aspek, yaitu : operasional, pemasaran, keuangan dan juga sumber daya manusia.

Page 1 of 1 | Total Record : 5